Masa Lalu itu Berharga, Tetapi Tidak Cukup Berharga untuk Menghalangi Masa Depan !!

Di zaman yang ketat dalam persaingan ini memang tidak mudah untuk menggapai apa yang kita cita-citakan. Namun kita jangan terlalu berkecil hati. Bukan tidak mungkin kita dapat mencapai impian kita bila kita bekerja keras dan berdoa dengan sungguh-sungguh. Seringkali kita merasa telah bekerja keras namun hasilnya belum kunjung tiba sehingga kita menganggap diri kita gagal dan tidak mau mencoba sesuatu yang baru. kita terlalu cepat menyerah serta berasumsi paling-paling hasilnya sama seperti yang kemarin, sama seperti tahun lalu, atau gagal lagi.
Masa lalu kita berharga, tetapi tidak cukup berharga untuk mengahalangi masa depan. Inilah seruan Kahlil Gibran, seorang tokoh spiritual yang hebat. Renungkan apa yang telah kita lakukan dalam hidup kita! Mengapa kita belum mencapai apa yang kita impikan? Apa yang menyebabkan hal itu terjadi? Bagaimana caranya supaya itu tercapai?
Lakukanlah perenungan ini dengan sungguh-sungguh; setelah mendapatkan jawabannya, susunlah rencana baru dan lakukan dengan baik. Hasil yang baik hanyalah akibat dari kita melakukan apa pun dengan benar.
Di dunia ini, apa yang tidak mungkin bukan karena sulit tetapi karena belum pernah dicoba sampai berhasil. Sulit bukan berarti tidak mungkin; sesuatu yang kita lakukan secara terus-menerus pasti akan membuahkan hasil.
"Repetition is the mother of skill." Keahlian itu dilahirkan dari pengulangan yang berkesinambungan. Maka cobalah temukan apa yang dapat kita lakukan (potensi diri), dan gali serta asah terus apa yang kita miliki, dan suatu saat keahlian kita akan membuahkan hasil. Tidak ada suatu yang instan, semuanya harus melalui proses. Masa lalu berharga, tetapi masa depan yang lebih baik, untuk diri kita, keluarga kita, komunitas kita dan bangsa kita yang tercinta.

Komentar

Postingan Populer